Selasa, 02 Maret 2010

Tips agar selalu niat karena Alloh



By : okim Gokiel

1. Selalu mengingat kepada Alloh yang akan memberikan kefadolan kepada orang yang niat karena Alloh dan selalu mengingat Alloh yang akan memberikan siksa kepada orang yang beramal tidak karena Alloh.

2. Senang beramal ibdah dengan cara bersembunyi tidak senang menampakkan amal ibdah yang dia kerjakan , dalam hadis bukhori dijelaskan “ ( diantara tujuh golongan yang mendapatkan naungan Alloh besok dihari kiamah) : dan seorang laki laki yang menyamarkan shodaqohnya sehingga tangan kirinya tidak tahu pada sesuatu yang diinfaqkan oleh tangan kanannya.


3. Merasa khawatir amalnya ditolak / tidak diterima seperti yang diterangkan dalam firman alloh :
    •  •    
“ Dan orang orang yang memberikan apa yang mereka berikan (shodaqoh) dengan hati penuh rasa takut bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada tuhan mereka (takut shodaqohnya tidak diterima)
Sehingga dia menghindari hal – hal yang menjadikan amalnya tidak diterima. Seperti kalau shodaqoh tidak mengundat – undat dan tidak menyakitkan hatinya orang yang diberi.

4. Tidak senang apabila amal kebaikan yang dia kerjakan dipuji oleh orang lain, sehingga dia tidak mau menceritakan kepada orang lain amal kebaikan yang telah dikerjakan.

5. Meneliti niat yang ada dalam hatinya sebelum melaksanakan amal kebaikan ( muroqobah ) seperti dengan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri sebelum beramal, “ apa yang anda inginkan dengan amalan yang akan anda kerjakan ini ??” jika niat sudah benar, kemudian anda meneruskan amal yang akan anda kerjakan, dan apabila niatnya belum benar maka anda membetulkan niatnya terlebih dahulu.


6. Memohon pertolongan kepada Alloh agar selalu bisa menata hatinya dengan karena Alloh dalam beramal dan terhindar dari niat niat lain yang membuat leburnya amal (isti’anah ) termasuk salah satu diantaranya selalu mengucapkan doa seperti dibawah ini :
“ allohumma inni a’udzubika an usyrikabika syaian wa-ana a’lamuhu, wa-astagfiruka lima la a’lamu” …………. yang artinya ya Alloh sesungguhnya aku minta perlindungan padaMu seandainya aku berbuat syirik padaMu yang mana aku mengetahuinya, dan aku minta ampun padaMu atas sesuatu yang aku tidak mengetahuinya.

Semoga bermanfaat….. alahamdulillahi jaza kumullohu khoiro…………..

Tidak ada komentar: